Pemeriksaan Awal

Untuk pemeriksaan awal penyakit kanker payudara dapat dilakukan sendiri. Sebaiknya dilakukan sehabis selesai masa menstruasi, dengan cara :

  • Berdirilah di depan cermin dan perhatikan apakah ada kelainan pada payudara. Biasanya kedua payudara tidak sama, putingnya juga terletak pada ketinggian yang tidak sama. Perhatikan apakah terdapat keriput, lekukan atau puting susu tertarik ke dalam. Bila terlapat kelainan itu atau keluar cairan atau darah dari puting susu, segeralah periksa ke dokter.
  • Letakkan kedua lengan diatas kepala dan perhatikan kembali payudara Anda.
  • Bungkukkan badan hingga payudara tergantung ke bawah dan periksa lagi.
  • Berbaringlah dan letakkan tangan kiri ke belakang kepala, dan sebuah bantal dibawah bahu kiri. Rabalah payudara kiri dengan telapak jari kanan. Periksalah apakah ada benjolan pada payudara. Kemudian periksa juga apakah ada benjolan atau pembengkakan pada ketiak kiri.
  • Periksa dan rabalah puting susu sekitarnya. Pada umumnya kelenjar susu bila diraba dengan telapak jari tangan akan terasa keras dan tidak dapat digerakkan (tidak dapat dipindahkan dari tempatnya). Bila terasa ada sebuah benjolan sebesar 1cm atau lebih, segeralah periksa ke dokter.
  • Lakukan hal yang sama untuk payudara dan ketiak kanan.

Makin dini penanganan, semakin besar kemungkinan untuk sembuh secara sempurna.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in ciri ciri kanker payudara, gejala kanker payudara, kanker payudara, penyakit kanker payudara and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.